Minggu, 03 September 2017

FPI Melakuka Aksi Simpatik Bakal Kirim Relawan Jihad Bantu Etnis Rohingnya

Aksi simpatik untuk etnis Rohingnya.LIVECASINO338
Berbagai aksi solidaritas digelar seluruh lapisan masyarakat Indonesia atas serangan membabi buta tentara maupun sipil terhadap etnis Rohingya di Maungdaw Rakhine State Myanmar. Aksi solidaritas masyarakat di tanah air itu berupa demonstrasi di Kedubes Myanmar maupun mengumpulkan sumbangan.

Salah satunya dilakukan Organisasi Kemasyarakatan (ormas) Front Pembela Islam (FPI). FPI wilayah Pasuruan, Jawa Timur, dikabarkan membuka pendaftaran relawan jihad untuk membantu entis Rohingya di Myanmar.

Kabar pembukaan relawan itu beredar dalam pesan berantai lewat aplikasi WhatsApp. Pesan itu berisi persyaratan bagi warga yang minta menjadi relawan jihad FPI ke Myanmar.

Syarat itu di antaranya pria berusia antara 21-40 dan berumur 17-20 tahun dengan wajib meminta izin tertulis dari orang tua. Sehat jasmani dan rohani serta menyerahkan fotocopy KTP, mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti pembekalan mental, fisik dan pengisian tenaga dalam.

Juru bicara FPI, Slamet Maarif membenarkan pembukaan pendaftaran relawan jihad untuk membantu entis Rohingya, itu. Menurut dia, sejauh ini pembukaan relawan baru dilakukan di wilayah.

"Betul. Baru di wilayah. Di pusat sedang dibicarakan," kata Slamet saat dikonfirmasi merdeka.com, Sabtu (2/9) malam.

Slamet mengatakan, untuk jumlah relawan yang diberangkatkan masih dalam pembahasan. Sebab, hal ini baru sebatas wilayah.

"Daerah punya inisiatif pusat mengakomodir," kata dia.

Selain membuka relawan, FPI beserta ormas Islam lainnya berencana melakukan aksi jalan damai ke Kedubes Myanmar. Aksi itu rencananya dilakukan pada Rabu (6/9) siang, dengan titik kumpul di Bundaran Hotel Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar